Perjalanan DAMRI dari Soetta ke Stasiun Gambir

, , No Comments
DAMRI singkatan dari Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia, dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Hingga kini, Damri terus memperbaruhi agar benar-benar baik dan menjadi transportasi yang dibanggakan oleh masyarakat Indonesia.

Jika kunjungan ke Jakarta biasanya dalam rangka apa nih teman teman ? sebagai mahasiswa kah, pekerja kah atau hanya main-main doang, keliling Kota Jakarta yang kadang kadang bikin kesel hehe.. Beberapa hari yang lalu, saya ada kesempatan mengunjungi Ibu Kota Indonesia. Nah kalau dari daerah kan ya, ada beberapa alternatif sih armada yang bisa digunakan seperti darat, udara, tapi karena darat membutuhkan waktu yang lama, jadi lebih cepat dengan udara. Sesampainya di bandara, Halim ataupun Soetta, kamu perlu ke luar dong dari lingkungan airport, kemana akan berlabuh :P

Untuk yang mendarat di Bandara Soetta, ada beberapa trasnportasi umum yang bisa dipake untuk menuju ke tujuan kamu, misalnya aja saya memilih Damri untuk mengantarkan saya ke Gambir.

Jadi prosedurnya adalah sebagai berikut :

Pesawat yang saya tumpangi Alhamdulillah berhasil landing dengan baik, menunggu beberapa menit hingga pintu pesawat dibuka oleh kabin crew, lalu berjalan beberapa meter menuju bagasi.
Disekitaran pengambilan bagasi, akan terlihat loket loket kecil. Nah salah satu loket nya adalah loket pembelian karcis Damri.

Setelah di loket, kamu akan ditanya oleh petugas mau mengambil Damri tujuan kemana. Untuk yang sudah sering naik Damri dari Soetta, mudah saja mengatakan tujuan, tapi kalau ceritanya seperti saya, momen tersebut adalah pertama kali saya naik Damri dan hanya bermodal kan googling. Saran saya sebaiknya sebelum memilih Damri, pastikan dulu tujuan kamu mau kemana, biar ndak bingung.


Digambar atas, kamu bisa lihat tujuan Damri ke daerah mana saja, dan bisa sesuaikan dengan tujuan kamu yaa. Dan untuk ongkos menggunakan Damri dimulai dari harga Rp.40.000 - Rp.65.000 (tergantung jarak tempuh nya). Untuk tujuan Gambir di bandrol dengan harga 40.000, dan untuk waktu kedatangan Damri, waktu nya berbeda-beda (lihat gambar diatas). Misalnya Damri tujuan Gambir sudah jalan saat kamu baru saja sampai ke halte, nah jangan khawatir karena setiap 20 menit Damri tujuan gambir akan datang kembali.

Pengangkutan penumpang ada tempat khusus nya, jadi jangan sampai salah, saya sarankan segera bertanya kepada pihak bandara, dimana halte Damri, malu bertanya ya bingung, mending bertanya jadi tau. Ya kan? hehe

Sekedar informasi ke teman teman, perjalanan dari Soetta ke Gambir membutuhkan waktu ± 2 jam perjalanan (tergantung kondisi jalan), rute nya akan mengelilingi bandara, mulai dari terminal 1, terminal 2 dan terminal 3 hingga akhirnya keluar dari bandara. Informasi juga selama diperjalanan akan di beritahukan akan mendekati halte apa saja misalnya Damri Soetta ke Gambir, halte yang dilewati adalah Halte Slipi Jaya - Jati Baru - Millenium - Tanah Abang dan terakhir di Stasiun Gambir.
Karcis Damri
Kesimpulan saya, Damri adalah pilihan yang oke untuk masyarakat Indonesia termasuk saya, hanya pendatang yang ingin menuju ke tempat pilihan. Damri pembawaan mobil yang sederhana, tidak laju dan tidak lambat wah menyenangkan. Dari Stasiun Gambir saya meneruskan perjalanan menggunakan gojek, hingga benar-benar sampai ke tujuan. Paling itu saja semoga bermanfaat dan terimakasih :)



©Pekanbaru, 11 Desember 2017 @Cicajoli 

0 komentar:

Post a Comment

Hellow.. Jejak anda yang akan mengubah pikiran saya akan postingan ini, silahkan berkomentar dengan sopan.